Preview Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti” untuk kelas X SMA/SMK
Buku “Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti” untuk kelas X SMA/SMK, disusun oleh Julia Suleeman dan diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada tahun 2021, bertujuan untuk membekali siswa dengan pemahaman mendalam tentang iman Kristen serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dirancang sesuai dengan semangat merdeka belajar, memberikan keleluasaan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Struktur Bab:
- Pendahuluan: Menyajikan pengantar mengenai pentingnya pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter dan moral siswa.
- Bab 1: Bertumbuh Menjadi Dewasa dalam Kristus
- Capaian Pembelajaran: Memahami pentingnya menjadi dewasa dalam setiap aspek perkembangan.
- Kata Kunci: Aspek fisik, intelektual, emosi, sosial, rohani, identitas.
- Isi: Bab ini membahas enam aspek perkembangan manusia: fisik, intelektual, emosi, sosial, rohani, dan identitas. Setiap aspek dijelaskan dengan detail, memberikan panduan bagi siswa untuk mengenali dan mengembangkan diri sesuai dengan ajaran Kristen.
- Bab 2: Allah yang Hadir dalam Kelahiran, Penderitaan, dan Kematian
- Capaian Pembelajaran: Mengakui kuasa Allah yang memberi kekuatan, sukacita, dan damai sejahtera.
- Kata Kunci: Kasih Allah, penderitaan, kematian, sukacita, damai sejahtera.
- Isi: Bab ini menekankan bahwa Allah selalu hadir dalam setiap fase kehidupan manusia, termasuk kelahiran, penderitaan, dan kematian. Melalui pemahaman ini, siswa diajak untuk merasakan kehadiran Allah yang memberikan kekuatan dan penghiburan dalam situasi apapun.
- Bab 3: Buah Roh dalam Keluarga
- Capaian Pembelajaran: Memahami nilai-nilai iman Kristen dalam keluarga.
- Kata Kunci: Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.
- Isi: Bab ini membahas sembilan buah Roh yang seharusnya diwujudkan dalam kehidupan keluarga. Setiap buah Roh dijelaskan dengan contoh konkret, membantu siswa menerapkannya dalam interaksi sehari-hari dengan anggota keluarga.
- Bab 4: Orang Tua adalah Pendidik Utama
- Capaian Pembelajaran: Mengakui bahwa orang tua adalah pendidik utama.
- Kata Kunci: Penghormatan, ketaatan, kasih sayang, tanggung jawab.
- Isi: Bab ini menyoroti peran penting orang tua dalam pendidikan anak. Siswa diajak untuk menghormati dan menaati orang tua, serta memahami tanggung jawab mereka dalam membimbing anak sesuai dengan ajaran Kristen.
- Bab 5: Allah Membarui Hidup Orang Beriman
- Capaian Pembelajaran: Mengakui bahwa Allah membarui hidup orang beriman.
- Kata Kunci: Pembaruan, pertobatan, transformasi, hidup baru.
- Isi: Bab ini menjelaskan proses pembaruan yang dilakukan Allah dalam kehidupan orang beriman. Siswa diajak untuk memahami pentingnya pertobatan dan transformasi diri sesuai dengan kehendak Allah.
- Bab 6: Makna Hidup Baru
- Capaian Pembelajaran: Memahami makna hidup baru.
- Kata Kunci: Kelahiran kembali, identitas baru, kehidupan kekal.
- Isi: Bab ini membahas konsep kelahiran kembali dan identitas baru dalam Kristus. Siswa diajak untuk memahami makna hidup baru dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Bab 7: Interaksi dengan Sesama
- Capaian Pembelajaran: Menganalisis interaksi antarsesama manusia tanpa kehilangan identitas sebagai pengikut Kristus.
- Kata Kunci: Kasih, toleransi, empati, komunikasi.
- Isi: Bab ini menekankan pentingnya interaksi yang sehat dengan sesama, berdasarkan kasih dan toleransi. Siswa diajak untuk mengembangkan empati dan komunikasi yang baik, tanpa kehilangan identitas sebagai pengikut Kristus.
- Bab 8: Kepekaan terhadap Diskriminasi
- Capaian Pembelajaran: Memiliki kepekaan dan bela rasa terhadap berbagai bentuk diskriminasi.
- Kata Kunci: Keadilan, kesetaraan, hak asasi manusia.
- Isi: Bab ini membahas berbagai bentuk diskriminasi dan pentingnya kepekaan terhadapnya. Siswa diajak untuk membela keadilan dan kesetaraan, serta menghormati hak asasi setiap individu.
- Bab 9: Memelihara Keindahan Alam
- Capaian Pembelajaran: Menilai peran diri sendiri, masyarakat, dan pemerintah dalam menjaga keindahan alam di lingkungan lokal dan regional.
- Kata Kunci: Pelestarian, tanggung jawab, lingkungan hidup.
- Isi: Bab ini menyoroti pentingnya pelestarian alam sebagai bagian dari tanggung jawab manusia. Siswa diajak untuk berperan aktif dalam menjaga keindahan alam di lingkungan sekitar.
- Bab 10: Memelihara Alam Ciptaan Tuhan
- Capaian Pembelajaran: Memahami pesan Alkitab untuk memelihara alam ciptaan Tuhan.
- Kata Kunci: Penatalayanan, konservasi, ekologi.
- Isi: Bab ini membahas pesan Alkitab mengenai tanggung jawab manusia dalam memelihara alam. Siswa diajak untuk memahami konsep penatalayanan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kelebihan Buku:
- Pendekatan Holistik: Buku ini tidak hanya membahas aspek teologis, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
- Aktivitas Pembelajaran: Setiap bab dilengkapi dengan aktivitas yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan reflektif, serta menerapkan konsep yang dipelajari dalam konteks nyata.
- Bahasa yang Mudah Dipahami: Penggunaan bahasa yang sederhana dan jelas memudahkan siswa dalam memahami materi yang disajikan.
Pendidikan Agama Kristen, budi pekerti, iman Kristen, karakter siswa, pertumbuhan rohani, pembaruan hidup, buah Roh, keluarga Kristen, kasih Allah, ketaatan orang tua, interaksi sesama, diskriminasi, pelestarian alam, tanggung jawab manusia, lingkungan hidup, hidup baru, identitas Kristus, pertobatan, keadilan, kesetaraan, hak asasi manusia, toleransi, empati, kasih, kehidupan kekal, konservasi ekologi, penatalayanan.
👉 Tingkatkan pemahaman iman Kristen dengan buku ini!
📚 Klik di sini untuk membeli sekarang: Link Pembelian